Dharma Insight

Semua Tentang Dharma Universal

Menumbuhkan Mentalitas Misionaris Mahasiswa melalui Kegiatan Guru SMB | Jurnal Penelitian

 


Mahasiswa Buddhis pada Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) adalah intelektual muda yang diharapkan menjadi generasi penerus pelestari Dharma. Dengan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di kampus, sudah selayaknya menjadi kewajiban bagi mahasiswa untuk dapat berkontribusi pada upaya pembinaan umat Buddha. Kontribusi tersebut dapat ditempuh melalui berbagai cara, antara lain dengan berperan sebagai dharmaduta. Tetapi panggilan jiwa untuk menyebarkan Dharma dan mengabdi bagi kemajuan umat Buddha tidak serta merta muncul dalam diri mahasiswa walaupun sudah mempunyai pengetahuan Dharma yang baik. Mentalitas misionaris harus ditumbuhkan pada diri mahasiswa. 

Bagi mahasiswa, peran sebagai dharmaduta dapat dilakukan dengan menjadi guru Sekolah Minggu Buddha (SMB). Penelitian pada mahasiswa STAB Negeri Sriwijaya yang menjadi guru SMB ini menguraikan perihal sebagai berikut:

  • Apa motivasi mahasiswa menjadi guru Sekolah Minggu Buddha?
  • Apa saja kompetensi mahasiswa yang diperlukan sebagai guru Sekolah Minggu Buddha?
  • Bagaimana pengalaman mahasiswa sebagai guru Sekolah Minggu Buddha?



Artikel ini ditertbitkan oleh Jurnal Ilmiah Pelita Dharma Vol. 6 No. 1 Tahun 2020  Sekolah Tinggi  Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten

Tidak ada komentar:

Posting Komentar