Dharma Insight

Semua Tentang Dharma Universal

STAB Negeri Sriwijaya Juara Umum Mahaniti Loka Dhamma IX Tahun 2022


Tahun 2022 STAB Negeri Sriwijaya Tangerang kembali meraih prestasi tingkat nasional. Pada penyelenggaraan Mahaniti Loka Dhamma (MLD) Tingkat Nasional IX tahun 2022, kontingen STAB Negeri Sriwijaya menyabet gelar Juara Umum setelah meraih kemenangan terbanyak melalui beberapa jenis perlombaan. Sepanjang diselenggarakannya MLD sejak tahun 2011, gelar juara umum ini merupakan kelima kalinya diraih, yaitu masing-masing pada tahun 2012, 2014, 2018, 2021, dan 2022.

Apa itu Mahaniti Loka Dhamma?

Mahaniti Loka Dhamma Tingkat Nasional adalah perlombaan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Buddha Kementerian Agama RI sebagai ajang kreativitas, pengembangan keilmuan serta pengabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh mahasiswa/i dari seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) di Indonesia. MLD diselenggarakan setiap tahun dengan pertemuan langsung semua peserta, penilai, dan panitia di tempat tertentu. Tetapi selama pandemi covid-19 dilaksanakan secara daring.

Kegiatan MLD dimaksudkan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa PTKB untuk berkompetisi menampilkan bakat dan minat di bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, karya cipta, kewirausahaan, kajian Tipitaka

Adapun tujuan MLD yaitu:

  • Meningkatkan keyakinan (saddha) bagi mahasiswa Buddhis
  • Meningkatkan kerukunan antar mahasiswa Buddhis
  • Meningkatkan budaya akademis di kalangan mahasiswa
  • Meningkatkan wawasan dan potensi mahasiswa Buddhis dalam berbangsa dan bernegara
  • Meningkatkan kreativitas, inovasi dan progresif bagi mahasiswa Buddhis dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni


Pada tahun 2022 MLD diselenggarakan secara daring dari tanggal 30 Mei – 3 Juni 2022

Tema MLD yaitu "MANTAP: Mandiri, Toleran, Akademis, Progresif"

Peserta MLD sebanyak 240 mahasiswa berasal dari 7 PTKB yaitu :  STABN Sriwijaya Tangerang, STABN Raden Wijaya Wonogiri, STAB Smaratunga Boyolali, STAB Syailendra Semarang, STAB Kertarajasa Malang, STAB Maha Prajna Jakarta, dan STAB Bodhi Dharma Medan

Kegiatan dalam MLD terdiri dari dua macam yaitu:

1.    Program Utama

Perlombaan Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PKM)

2.    Program Pendukung

Peningkatan pengetahuan dan wawasan, yaitu pemberian materi seminar oleh Andi F Noya berjudul: Mahasiswa di Era Digital, dan Lukman Hakim berjudul: Mahasiswa Toleran

PKM terdiri dari 5 bidang yaitu : PKM-P (Penelitian), PKM-M (Pengabdian Kepada Masyarakat), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-KC (Karya Cipta), dan PKM-KT (Kajian Tipitaka)

Dalam PKM ini, penilaian dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu: 1) Penilaian presentasi laporan hasil PKM, 2) Penilaian artikel laporan hasil PKM. Tim penilai adalah para ahli di bidang masing-masing yang independen, berasal dari luar PTKB

PKM melewati serangkaian proses kegiatan dalam kurun waktu satu tahun. Diawali dengan seleksi di internal kampus masing-masing. Mahasiswa yang mempunyai minat sama membentuk kelompok yang terdiri dari tiga orang dan mengajukan proposal kegiatan. Kampus akan menilai dan menentukan kelompok yang dapat mengikuti MLD tingkat nasional. Kelompok-kelompok yang lolos seleksi tersebut menyerahkan proposal untuk dikirimkan ke Panitia MLD Ditjen Bimas Buddha. Setelah proposal dinyatakan lolos seleksi untuk mengikuti MLD tingkat nasional, tiap kelompok tersebut melaksanakan kegiatan baik membuat proyek, menyusun  karya tulis, maupun melaksanakan pengabdian kepada masyarakat selama enam bulan. Seluruh kegiatan diakhiri dengan penyusunan laporan hasil kegiatan dan artikel laporan hasil kegiatan. Puncak kegiatan PKM adalah tiap kelompok mempresentasikan hasil kegiatan di depan para reviewer / penilai, dilaksanakan secara daring dari tanggal 30 Mei – 2 Juni 2022. Tiap kelompok dituntut mampu melaporkan hasil kegiatan meliputi kualitas serta kebermanfaatan produk.  


STAB Negeri Sriwijaya meraih gelar Juara Umum

Pada MLD Nasional IX Tahun 2022 ini kontingen STAB Negeri Sriwijaya meraih gelar Juara Umum setelah mendapat kemenangan terbanyak melalui 11 kelompok sebagai berikut:

  • Juara 1 PKM-KC dan PKM-M
  • Juara 2 PKM- KC
  • Juara 3 PKM-P dan PKM-M
  • Juara Harapan 1 PKM-KC dan PKM-KT
  • Juara Harapan 2 PKM-KT, PKM-KC , PKM-K, dan PKM-P


         




Pencapaian gelar Juara Umum ini mengantar STAB Negeri Sriwijaya kembali memboyong Piala Bergilir Mahaniti Loka Dhamma dari Menteri Agama RI
Sebelumnya, pada MLD Nasional VIII Tahun 2021, kontingen STAB Negeri Sriwijaya juga meraih gelar Juara Umum dengan kemenangan pada perlombaan sebagai berikut:

  • Juara 1 PKM-KC, PKM-K, dan PKM-M
  • Juara 2 PKM- KT
  • Juara 3 PKM-KT dan PKM-K
  • Juara Harapan 1 PKM-KT
  • Juara Harapan 2 PKM-KT dan PKM-P

 
Download aplikasi android

Berikut ini adalah beberapa produk aplikasi android yang bisa diunduh di Play Store

1.      TAPA – KU (Panduan Meditasi Ketenangan Berbasis Android)


Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah remaja dalam melaksanakan praktik meditasi ketenangan.

Menu My carita digunakan untuk mengetahui watak/karakter seseorang dengan cara menjawab pernyataan yang disediakan. Kemudian pada hasil akhir akan muncul carita dari pengguna yang telah disesuaikan berdasarkan penelitian.

Selanjutnya pengguna dapat memulai meditasi yang dimulai dari level 1 sampai level 3. Di setiap levelnya terdapat panduan meditasi berupa audio dengan tampilan yang menarik.

Menu QnA berisi mengenai pengetahuan dasar yang harus diketahui sebelum bermeditasi disertai dengan jawaban yang akurat, serta terdapat fitur bantuan lainnya untuk mempermudah pengguna dalam bermeditasi.

Aplikasi TAPA-KU memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar, mudah dalam penggunaan nya, serta user friendly (offline).


2.      Bodhipedia (Ensiklopedia Tokoh Penting dalam Agama Buddha)

>Informasi Tokoh, berisi tokoh-tokoh penting dalam agama Buddha kini bisa dibaca dengan mudah dan menarik di android

>Ilustrasi Menarik, setiap tokoh memiliki ilustrasi yang lucu dan menarik agar pengalaman membaca semakin menyenangkan.

>Kuis, untuk menguji pengetahuan, dengan 10 pertanyaan random

>Leaderboard, untuk lihat histori skor di fitur papan nilai dengan skor yang diurutkan dari nilai tertinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar